Jumat, 11 November 2011

bikin scrub badan / masker

Membuat Scrub Sendiri Untuk Penghalus Kulit

Membuat Scrub Sendiri Untuk Penghalus Kulit

Karena sifatnya yang alami dan tanpa bahan pengawet, maka buatlah ramuan scrub dalam jumlah secukupnya, agar tetap fresh dan tidak terkontaminasi. Hm, serasa melakukan perawatan di spa!
1. Wortel. Parut kasar beberapa buah wortel lalu campur dengan body lotion. Kandungan betakaroten yang cukup tinggi pada wortel bisa membantu menghilangkan noda hitam di kulit.
2. Kelapa. Parutan buah kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran scrub tubuh. Kandungan minyak yang terdapat dalam buah kelapa akan mengatasi kondisi kulit yang kering.
3. Beras. Tumbuk segenggam beras, lalu campur dengan sedikit minyak zaitun. Campuran berbahan dasar tepung beras (Amylum oryzae ) ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit serta memperlambat efek keriput.
4. Kopi. Seduh kopi bubuk dengan air hangat. Ambil ampasnya, lalu campur dengan body lotion. Kandungan asam alami pada kopi dipercaya mampu mengencangkan dan melicinkan kulit.
5. Gula. Butiran-butiran gula pasir juga bisa dimanfaatkan untuk scrubbing. Campur dua sendok makan gula dengan buah-buahan favorit Anda (pisang, alpukat atau stroberi). Tambahkan pula dua sendok makan madu pada campuran di atas. Campuran ini akan membuat kulit lebih mulus dan bersinar.
Step by Step Scrub Tubuh
  1. Lap bagian punggung, tangan dan kaki dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Untuk menghasilkan efek relaks tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma favorit. Anda bisa memilih aroma pepermint, lavender atau sandalwood untuk menghadirkan efek menenangkan.
  2. Oleskan body scrub pada bagian punggung, bahu, tangan dan kaki. Lakukan gerakan memutar mulai dari betis ke tubuh bagian atas. Berikan perhatian ekstra pada daerah lipatan-lipatan kulit, siku dan persendian.
  3. Setelah seluruh bagian tubuh melalui proses scrubbing , bilas tubuh dengan sabun mandi beraroma segar. Untuk melancarkan peredaran darah, lakukan pijat ringan mulai dari kaki hingga punggung. Gunakan minyak esensial untuk memberikan efek lembap sekaligus melembutkan kulit.
  4. Bilas kembali tubuh dengan mandi berendam. Keringkan tubuh dan oleskan body lotion di seluruh permukaan kulit.
Tips :
  • Bila dilakukan secara rutin, scrub tubuh akan membuat kulit tampak lebih mulus dan sehat. Proses scrubbing ini berfungsi mengelupas sel-sel kulit mati serta melancarkan peredaran darah.
  • Bila bagian punggung sedang berjerawat, sebaiknya hindari melakukan scrubbing pada area yang sedang berjerawat. Gerakan memutar pada saat scrubbing justru bisa menimbulkan infeksi pada kulit.
  • Body scrub sebaiknya dilakukan dua minggu sekali. Bila terlalu sering justru membuat kelembaban alami kulit berkurang.(tabloidnova)

Cara Membuat Aneka Masker dari Buah Alami

Membuat masker sendiri bukanlah hal yg sulit. Kalau bisa dibuat sendiri, mengapa harus beli? Karena sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat masker dari buah-buahan yang alami yang memiliki khasiat terbaik dibandingkan masker yg dijual dipasaran saat ini. Berikut tips cara membuatnya:
Masker Mayonnaise
Ternyata manyonnaise tak hanya berfungsi dalam membuat burger menjadi lezat, namun juga berguna untuk kecantikan wajah. Aplikasikan secara merata di seluruh wajah. Diamkan hingga 20 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air dingin. Wajah pun akan terasa lebih halus.
Masker Madu
Oleskan saja langsung di seluruh wajah dan leher. Tunggu hingga kering sekitar 15 menit. Basuh dengan air hangat.
Masker Persik dan Brandy
Ambil satu buah persik kemudian lumatkan. campur satu sendok makan brandy ke dalamnya. Aduk seksama dan oleskan pada wajah. Diamkan kira-kira 20 menit lalu bilaslah menggunakan air hangat.
Masker Pisang
Ambil pisang yang sudah sangat matang lalu dilumatkan. Jangan lupa menambahkan sedikit madu. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan segarkan lagi dengan menggunakan air dingin. Dengan melakukannya secara teratur, kulit kamu akan tampak lebih mulus dan bersih. Masker ini juga membantu kamu mengatasi kerutan yang terdapat pada wajah. Masker ini juga berguna untuk rambut dan bahkan banyak artis lawas menggunakannya untuk mempercantik tampilan payudara.
Masker Bengkuang
Bengkuang (yang kecil saja) dikupas kemudian diparut, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan dengan air dingin. Lakukan 1-2 kali seminggu terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.
Masker Jeruk Nipis
Cuci bersih sebuah jeruk nipis lalu diiris. Peras airnya untuk kamu minum. Usapkan kulit bagian dalamnya ke wajah yang sudah dicuci bersih. Masker ini sangat baik digunakan untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah.
Masker Ketimun
Siapkan setengah dari buah ketimun, 1 sdt perasan air lemon, dan 1 sdt air perasan daun mint. Masukkan semuanya ke dalam blender lalu masukkan ke dalam botol kecil dan biarkan dalam lemari es hingga dingin. Kira-kira sudah 10 menit, keluarkan lalu oles pada wajah. Tunggu hingga 15 menit kemudian bilas memakai air hangat dan diikuti dengan air dingin. Gunakan secara teratur 1 minggu sekali untuk menghilangkan komedo yang membandel di wajah kamu.
Masker Tomat
Masker ini sangat berguna bagi jenis kulit yang berminyak. Lumatkan satu buah tomat dan baurkan ke seluruh wajah. Biarkan menempel selama kira-kira 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ingat, jangan terlalu panas.
Masker Apel
Potong apel menjadi 4 bagian. Blender sampai lumat. Tuang ke dalam botol kecil lalu tambahkan madu, aduk hingga benar-benar rata. Masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit. Setelah maskernya dingin, keluarkan dan pakailah masker tadi pada wajah. Diamkan hingga 30 menit lalu basuh dengan air sampai bersih.
Masker Nanas
Campurkan jus nanas dan air santan secukupnya ke dalam mangkuk kecil, lalu aduk hingga rata. Aplikasikan dengan menggunakan kapas. Biarkan sampai 20 menit ketika masker mengering sendiri. Bilas wajah kamu dengan air bersih. Selanjutnya, keringkan dengan handuk. Nanas khususnya bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit agar selalu halus dan tampak cerah.
Masker Anggur
Potonglah buah anggur menjadi 2 bagian, lalu oleskan potongan itu (pada bagian yang berair menyentuh kulit wajah) dari wajah hingga ke leher, juga pastikan area berkerut jangan sampai terlewatkan. Biarkan kira-kira 15-20 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air yang hangat. Keringkan. Masker ini gunanya adalah untuk menghilangkan kerutan pada wajah sampai dengan leher. Lakukan sehari sekali guna mendapat hasil yang diinginkan.
Masker Kentang
Masker kentang berguna untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata karena kurangnya tidur. Siapkan kentang, kupas lalu cuci dengan air matang. Kentang diparut dan ditempatkan dalam sebuah kain berpori. Ikat kain tersebut dengan ukuran yang profesional untuk diletakkan di bagian bawah mata. Letakan di daerah lingkaran hitam tersebut, dan biarkan selama 15- 20 menit. Jangan sampai air kentang merembes ke mata.
Masker Semangka
Masker semangka akan membebaskan noda hitam pada wajah kamu. Jemurkan kulit semangka secukupnya sampai benar-benar kering, dilanjukan dengan menggilingnya hingga menjadi bubuk. Masukan ke dalam jus (yang terdiri dari satu batang lidah buaya dan satu buah mentimun ukuran sedang), dua sendok makan serbuk semangka tersebut. Setelah diaduk hingga rata, gunakan sebagai masker secara teratur sampai kelihatan hasilnya.
Masker Belimbing wuluh
Mengatasi jerawat dengan belimbing wuluh yakni dengan menyiapkan 6 buah belimbing wuluh dan ½ sendok teh bubuk belerang yang digiling halus. Campur kemudian remas-remas, lalu tambahkan pula 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Gosokkanlah di daerah wajah yang berjerawat. Lakukan 2- 3 kali sehari.

1. Lidah buaya
Aloevera atau lidah buaya mempunyai khasiat yang luar biasa, selain untuk menyuburkan rambut, aloevera juga dapat menghaluskan dan melembabkan kulit. Hal ini disebabkan karena aloevera mengandung lignin/selulosa yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit, menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga kulit tidak cepat kering serta terjaga kelembabannya. Selain melembabkan, aloevera juga berkhasiat membantu meningkatkan kadar oksigen yang berguna bagi kulit, membantu menguatkan jaringan kulit sehingga tidak mengendur, serta membantu mencegah penuaan dini.

Bahan lulur : Lidah buaya, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral

2. Alpukat
Avocado atau buah Alpukat kaya akan vitamin E, dan mengandung omega 3, sehingga dapat menjadi antioksidan yang baik, mencegah penuaan dini, dan sebagai pelembab kulit alami. Buah alpukat juga bersifat anti inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Cocok untuk kulit kering atau yang sering berada di dalam ruangan berpendingin ruangan.
Bahan lulur : Buah aplukat matang, tepung beras merah, minyak zaitun.
3. Bengkuang
Lulur bengkuang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Bengkuang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga. Kandungan kimia bengkuang adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkuang menyegarkan kulit, dan olive oil nya melembabkan.
Bahan lulur  : Bengkuang , tepung gandum, jeruk niipis, Airmineral, minyak zaitun.
4. Wortel
Wortel kaya akan vitamin A dan Betacaroten, mengandung zat antioksidan, lulur wortel bermanfaat untuk mencegah keriput, mencerahkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru sehingga membuat kulit terasa segar dan kenyal.
Bahan lulur : Wortel, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral.
5. Coklat
Lemak coklat atau cocoa butter yang terkandung dalam lulur coklat berkhasiat melembutkan, menghaluskan kulit. Lulur coklat juga dapat memutihkan/mencerahkan kulit. Selain itu adanya katekin (catechin) yang merupakan antioksidan yang kuat yang ada dalam coklat dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan melindungi kulit dari polusi menjadikan kulit bercahaya dan awet muda.
Bahan lulur : Coklat bubuk, tepung bengkuang, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral.
6. kopi
Bubuk kopi yang digosok-gosokkan akan mengeluarkan minyak, sehingga lulur / scrub kopi dapat menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah. Menghilangkan lelah pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi. Antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat mencegah penuaan dini, mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Kulit menjadi cerah, lembab, halus.
Bahan lulur : Kopi bubuk, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral
7. Teh hijau
Teh hijau terkenal dengan khasiatnya yang mengandung antioksidan polyphenols, vitamin C dan E. Lulur teh hijau menutrisi kulit, melancarkan peredaran darah tepi, berkhasiat mencegah penuaan dini, menyegarkan kulit, melindungi kulit dari polusi. Vitamin C nya mencerahkan kulit, dan vitamin E nya melembabkan. Lulur greentea dapat digunakan untuk mencegah jerawat, menghilangkan flek-flek hitam. Wewangiannya menenangkan, cocok untuk relaksasi.
Bahan lulur : Teh hijau, tepung beras, tepung kacang hijau, tepung kacang kedelai, minyak zaitun, Sari Bunga Melati
8. Susu
Susu kaya akan zat asam beta hydroxy alami, campuran susu dalam lulur ini tidak saja berguna sebagai peeling yang mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati tetapi juga dapat mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih halus dan tidak bersisik. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal. Dapatkan kulit cerah bersinar dengan lulur Milk Bath.
Bahan lulur : Susu bubuk (khusus utk mandi/lulur), tepung bengkuang, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral.
9. Pepaya
Pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral, diantaranya adalah enzim Papain, alkaloid karpaino, psudokarpaina, glikosid, karposid dan saponin, sakarosa, dekstrosa serta levulosa, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin E. Enzim dalam buah pepaya sangat berguna untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah rusak atau mati, dan terkenal ampuh untuk mengobati jerawat. Selain itu vitamin-vitamin yang terkandung dalam pepaya dapat mencerahkan, melembabkan, dan meremajakan kulit karena sifatnya yang menangkal radikal bebas sehingga mencegah keriput datang lebih cepat.
Bahan lulur : Pepaya matang, tepung gandum, minyak zaitun, airmineral
10. Strawberry
Buah yang satu ini banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang membantu mengencangkan kulit), serta vitamin B, C, E, dan K. Lulur strawberry selain untuk mengencangkan kulit juga menyehatkan dan meremajakan kulit. Cocok digunakan hampir oleh semua jenis kulit. Wewangiannya yang khas menjadikan lulur ini cocok untuk terapi relaksasi.
1. Masker TomatBersihkan 1 buah tomat dengan air bersuhu normal.Blender tomat, campurkan 1 sendok makan madu.Masker tomat siap digunakan.
Kegunaan: Mengatasi jerawat yang meradang dan mengencangkan daerah wajah dan leher dari kerut-kerut halus.

2. Masker Bengkoang
Kupas 1 buah bengkoang ukuran sedang.
Cuci bengkoang sampai bersih lalu gunakan setengah bagian dari bengkoang tersebut untuk dihaluskan.
Setelah betul-betul hasli campurkan dengan sedikit jeruk nipis dan aduk sampai rata.
Kegunaan: Membersihkan dan memutihkan wajah jika dipakai beberapa kali. Jeruk nipis membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.

3. Masker Alpukat
Cuci 1 buah alpukat berukuran besar kemudian belah menjadi 2 bagian.
Potong masing-masing bagian menjadi 2, kemudian hancurkan dengan menggunakan sendok.
Tuangkan 1 sendok makan madu dan ratakan.
Masker alpukat siap digunakan.
Kegunaan: Membuat wajah lebih kenyal, tampak segar, dan bercahaya.

Jul 19, '07 2:34 AM
oleh Enauntuk semuanya
1.           Masker Tomat Dan Putih Telur
Hancurkan sebuah tomat, tambahkan 1 sdm putih telur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 – 30 menit. Cuci bersih wajah. Lakukan setiap minggu untuk mendapatkan kulit wajah yang halus. Lakukan 1 – 2 kali dalam seminggu.
2.           Masker Mengkudu
Kupas sebuah mengkudu, lalu hancurkan. Campur dengan 1 – 2 sdm madu dan 1 sdm putih telur. Aduk rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga masker mengering dan kulit terasa kencang. Bersihkan dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan 1 – 2 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk mereka yang berkulit cenderung kering.
3.           Masker Bengkuang
Kupas sebuah bengkuang (yang kecil saja) lalu parut. Oleskan kewajah lalu diamkan 20 menit. Bersihkan dengan air. Lakukan satu kali dalam seminggu. Baik untuk mereka yang sering melakukan aktifitas diluar ruangan.
4.           Masker Jeruk Nipis
Cuci bersih sebuah jeruk nipis lalu iris. Ambil airnya untuk diminum. Gosokan kulit bagian dalam ke wajah yang sudah bersih. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Baik digunakan untuk mengotrol minyak berlebih pada wajah.
5.           Masker Madu
Tim 3 sdm madu murni. Campur dengan 4 sdm mentimun parut dan 2 sdm putih telur. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan ±15 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali. Untuk kulit kering, cukup oleskan madu hangat ke wajah, kecuali mata tentunya.
6.           Masker Havermut
Ambil 3 sdm havermut. Tumbuk sebentar lalu campur dengan 2 sdm madu murni. Oleskan pada wajah, leher dan bagian tubuh lainnya yang sudah dibersihkan terlebih dulu. Diamkan ± 20 menit. Bersihkan dengan handuk bersih yang lembab dengan cara ditepuk hingga masker mulai rontok. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan kulit mulus.
7.           Masker Coklat
Siapkan coklat batangan tanpa gula dengan kadar 70%. Tim hingga leleh. Diamkan hingga coklat agak hangat lalu oleskan pada wajah. Diamkan hingga coklat mengeras diwajah. Lalu bilas dengan air hangat.
8.           Masker Wortel
Kupas bersih sebuah wortel. Cuci lalu parut (blender lebih baik). Oleskan pada wajah. Diamkan hingga wortel mengering. Bilas dengan air hingga bersih. Masker ini dapat membantu menghaluskan kulit.
9.           Masker Minyak Zaitun
Oleskan langsung ke seluruh kulit sebelum tidur malam hari. Hindari pemakaian pada kulit yang sedang terluka. Baik digunakan bagi mereka yang kulitnya cenderung kering.
10.      Masker Mentimun
Sebuah mentimun ukuran kecil dan masih segar dicuci bersih. Parut mentimun lalu campur dengan 1 butir putih telur, aduk rata. Oleskan pada wajah, leher dan bagian tubuh lainnya. Diamkan ± 15 menit atau hingga mengering. Bilas dengan air hingga bersih. Lakukan seminggu sekali.
11.      Masker Teh
Seduh teh celup pada sore hari. Diamkan air teh tersebut hingga pagi keesokan hari. Gunakan air teh basi untuk mencuci wajah. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Jangan buang kantung teh. Taruh diatas mata yang terpejam. Dengan cara ini, dapat membantu menyegarkan mata.

Agar lulur bubuk tahan lama, yang harus dilakukan : Pertama,
Pastikan bahan2nya benar2 kering sempurna. Karena sedikit lembab bisa menimbulkan jamur.
Kedua,
Gunakan ‘Anti Cacking Agent’ atau yang dikenal dengan ACA. Zat ini mencegah agar bubuk tidak menggumpal.
Gunakan juga Methyl Paraben dan Propyl Paraben agar tidak timbul jamur.
Dan kalo perlu, gunakan silica gel berbungkus untuk menyerap kelembaban.
Untuk packagingnya, cukup plastik mika yang tidak terlalu tipis.
Gunakan 2 lapisan. Lapisan pertama untuk wadah bubuknya.
Sedang lapisan kedua label kemasan.
Tutup rapat, pastikan tidak berlubang.
Selamat berbinis. Semoga bermanfaat buat kamu.

Bagaimana Cara Relaksasi dengan Madu dan Susu ? Susu dan madu dipercaya berkhasiat dapat menghaluskan serta menyegarkan kulit tubuh. Anda bisa melakukan terapi susu dan madu tampil dalam kemasan baru yang akan membuat anda cantik, segar serta relaks.
Rutinitas sehari-hari yang anda jalani sering mengakibatkan stres sehingga berdampak kulit dan rambut menjadi kering dan kusam. Sebaiknya anda luangkan sedikit waktu untuk menyeimbangkan mind, body and soul sekaligus memanjakan tubuh anda di spa. Ada baiknya anda jalani perawatan rambut, wajah, tubuh hingga kaki dengan terapi madu dan susu yang dipercaya dapat melembabkan, memutihkan serta menyehatkan kulit.
French Massage adalah pemijatan pada bagian tubuh yang bermanfaat membuang racun atau detoksifikasi dan melangsingkan badan. Cara kerjanya dengan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh lewat urine dan keringat. Langkah awal adalah tubuh dikompres dengan air hangat agar kulit menjadi lembab. Lalu kulit tubuh di scrub dengan ramuan susu dan madu selama 45 menit. Terapi ini bermanfaat mengangkat sel kulit mati, melembabkan sekaligus menghaluskan kulit.
Langkah selanjutnya, tubuh dibersihkan setelah itu dilanjutkan french massage 60 menit dengan ramuan olive oil dan kenanga oil. Masing-masing minyak berkhasiat untuk melembabkan kulit dan anti aging. Kemudian seluruh tubuh anda dimasker dengan ramuan susu. Setelah 20 menit lalu masker diangkat dengan handuk hangat.
Face Massage adalah pemijatan pada wajah anda yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah dan segar. Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan kulit wajah anda dengan air hangat. Lalu di scrub dengan oatmeal dan susu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian kulit wajah dibersihkan dan di massage dengan olive oil serta kenanga oil.
Langkah selanjutnya adalah menotok pada bagian tertentu selama 30 menit untuk melancarkan peredaran darah di daerah wajah anda. Lalu dibersihkan, dimasker dengan campuran madu, susu dan tomat untuk menghaluskan kulit. Masker diangkat lalu wajah di kompres dengan air es sehingga kulit wajah terasa menjadi kencang dan segar.
Sedangkan untuk perawatan rambut anda bisa melakukan hair spa madu susu yang bermanfaat untuk memberi asupan gizi pada kulit kepala dan mengkilapkan rambut. Langkah awal adalah rambut dicuci dengan shampo khusus yang mengandung madu. Setelah dibilas bersih, dibubuhi vitamin yang mengandung susu dan madu. Selanjutnya adalah rambut dicreambath dengan campuran madu, susu dan yogurt selama 1 jam. Lalu dibungkus handuk panas selama 15 menit. Kemudian rambut dibilas hingga bersih dan dikeringkan.
Maka wajah dan tubuh anda akan terasa segar dan kencang karena perawatan ini. Anda tertarik untuk mencobanya ? Silakan datang saja ke salon spa terdekat di rumah anda.

Cara membuat Masker

Bahan yang diperlukan :
  1. Camfer kristal/kapur barus ..................... 2 gram
  2. Tepung talc .................................... 200 gram
  3. Glicerine ......................................... 200 gram
  4. Bibit minyak wangi ............................... 5 cc
Alat-alat yang dipergunakan :
  1. Tempat untuk menumbuk.
  2. 2 (dua) panci kecil.
  3. 2 (dua) sendok makan.
Cara pembuatan :
  1. Camfer kristal/kapur barus ditumbuk sampai halus - (a).
  2. Tepung talc dilarutkan sedikit demi sedikit dalam glycerin, diaduk sampai merata (menyerupai susu kental) - (b).
  3. Camfer yang sudah halus (a), dimasukkan pada hasil percampuran (b), kemudian diaduk-aduk sampai merata.
  4. Kalau sudah mengental, larutkan bibit minyak wangi.
semoga bermanfaat...


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bagaimana cara membuat masker serbuk/bubuk?

    BalasHapus
  3. Bikin masker kok pake kapur barus ?😰

    BalasHapus