Selasa, 09 Agustus 2011

senam yoga

10 Gerakan Yoga Terbaik untuk Wanita


Sekarang yoga sedang tren dalam dunia body language, menjaga kesehatan dan juga menurunkan berat badan. Memang, manfaat yoga sudah terbukti. Yoga sudah menjadi salah satu metode fitnes yang diajarkan di pusat-pusat kebugaran. Namun banyak orang salah mempraktekan yoga, terutama wanita sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Berikut ini ada daftar 10 gerakan yoga untuk kesehatan dan juga gerakan yoga untuk menurunkan berat badan yang bisa dipraktekan di rumah anda.

Child’s Pose

Peregangan pinggul, paha depan, punggung. Gerakannya:
  1. Berlutut di lantai dengan posisi kaki saling bersentuhan dan lutut dibuka selebar pinggul. Duduklah di tumit anda.
  2. Baringkan tubuh diantara paha dan bawa dahi anda ke matras. Luruskan lengan ke deoan hingga telapak tangan menyentuh lantai. Tutup mata dan tarik napas panjang. Tahan selama minimal satu menit.
Mengapa itu baik untuk Anda?
Pose seperti hendak tidur ini membuka pinggul dan membantu mengurangi sesak.

Downward Facing Dog

Peregangan tulang belakang, paha belakang, glutes, betis, memperkuat deltoids, triceps.
Berikut gerakannya:
  1. Mulai dengan posisi merangkak, kaki dan lutut selebar pinggul. Posisi tangan selebar bahu dan jari-jari menyebar luas.
  2. Menekan tangan anda kuat-kuat, angkat lutut dari lantai dan luruskan kaki.
  3. Pindahkan tangan anda ke depan beberapa inci, pindahkan kaki anda ke belakang beberapa inci untuk memperpanjang pose. Tekan paha seperti anda menekan mereka ke dinding belakang. Tekan tumit ke belakang dan ke arah lantai (meskipun tidak mungkin mencapai matras).
  4. Rilekskan kepalaserta leher dan biarkan bahu anda meluncur kembali ke arah kaki. Tarik napas panjang. Tahan selama setidaknya satu menit.
Mengapa itu baik untuk Anda?
Pose downward Facing Dog adalah taktik penguat tubuh bagian atas. Dan sebagai pembalik (artinya pinggul lebih tinggi daripada hati Anda), sehingga meningkatkan sirkulasi.

Warrior II

Peregangan pinggul, paha bagian dalam, dada, menguatkan quadriceps, perut, bahu.
Berikut gerakannya:
  1. Berdiri tegak dengan kaki terbuka. Putar kaki kanan sehingga jari-jari kaki menunjuk ke arah bagian depan matras. Belok kaki kiri Anda di 30 derajat.
  2. Angkat lengan setinggi bahu, sejajar dengan lantai, telapak tangan menghadap ke bawah. Tekuk lutut kanan Anda sehinggatulang kering dan paha membentuk sudut 90 derajat.
  3. Kerutkan tulang ekor dengan lembut seperti anda menarik perut,  tahan napas  selama 5 hembusan dan keluarkan melalui hidung. Luruskan kaki kanan dan ulangi pada sisi yang berlawanan
Mengapa itu baik untuk Anda
Pose yang kuat ini akan membuat anda bertambah tinggi, ramping, lengan kencang dan kaki lebih tegas.

Plank Pose

Menguatkan lengan, punggung, bahu, inti, quadriceps.
Berikut gerakannya:
  1. Dari posisi  Downward facing dog diatas, tekan ke telapak tangan dan bawa dada ke depan sehingga bahu berada di atas pergelangan tangan  dan Anda berada di puncak posisi push-up.
  2. Tekan tumit anda ke dinding di belakang Anda dan tegakkan kepala ke depan hingga membentuk sebuah garis lurus dari atas kepala sampai ke tumit Anda. Tahan selama setidaknya 1 menit.
Mengapa itu baik untuk anda?
Plank adalah cara yang sederhana namun menantang untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, banyak otot yang bekerja sama seperti otot di  lengan, punggung.

Fierce Pose

Peregangan tulang belakang, menguatkan quadriceps, pergelangan kaki, punggung.
Berikut gerakannya:
  1. Lebarkan kaki selebar pinggul, sebarkan jari-jari kaki untuk menciptakan basis yang stabil. Ketika Anda mengangkat tangan ke atas, telapak tangan berhadapan satu sama lain, tekuk lutut Anda dan dudukan pantat anda kembali seolah-olah anda sedang duduk di kursi.
  2. Tarik perut  untuk menghindarkan lengkungan di punggung bawah. Letakkan semua berat badan anda ke tumit dan pastikan lutut anda tidak melewati jari-jari kaki. Tahan napas selama 5 kali hembusan dalam-dalam dan keluar melalui hidung. Istirahat selama satu menit. Ulangi.
Mengapa itu baik untuk anda?
Pose ini jaminan jika anda cedera, memperkuat quadriceps, memberikan dukungan kuat di sekitar lutut Anda, membuat lutut tahan terhadap cedera. Fierce pose juga meningkatkan postur tubuh.

Tree Pose

Peregangan pinggul, paha bagian dalam, memperkuat kaki, tulang belakang,
Berikut gerakannya:
  1. Berdiri dengan kaki lurus dan bersentuhan, tangan di pinggul. Transfer berat badan ke kaki kiri saat anda menekuk lutut kanan dan tempatkan telapak kaki kanan di bagian dalam kaki kiri Anda. Untuk pemula, bisa mulai menempatkan dari mata kaki, untuk yoga yang lebih tinggi bisa ditempatkan di paha.  Dengan lembut tekan kaki kanan terhadap kaki kiri.
  2. Cakupkan tangan di depan dada dalam pose berdoa. Tunggu selama 1 menit. Untuk yoga yang lebih maju: Angkat lengan Anda lurus tepat di atas kepala, telapak tangan menghadap masuk
Mengapa itu baik untuk Anda?
Pada hari-hari ketika pikiran anda kacau, pose ini bertujuan untuk memusatkan pikiran.

Garland Pose

Peregangan tubuh belakang bagian bawah, pangkal paha, pinggul, pergelangan kaki.
Berikut gerakannya:
  1. Berdiri dengan kaki sedikit terbuka lebih lebar dari pinggul. Cakupkan kedua telapak tangandi depan dada seperti pose berdoa. Putar jari-jari kaki menghadap sedikit keluar.
  2. Tekuk lutut dalam-dalam dan berjongkoklah di antara kaki Anda. Dengan tangan tetap tercakup di depan dada, tekan siku anda ke tengah-tengah lutut secara perlahan sambil membuka pinggul. Jaga agar posisi tulang belakang  lurus dan dada terbuka. Rasakan ketegangan di tubuh belakang bagian bawah mencair. Tahan selama setidaknya 1 menit.
Mengapa itu baik untuk Anda?
Pose ini bisa meringankan masalah sembelit dan perut seperti kram

Boat Pose

Memperkuat mata, quadriceps
Berikut gerakannya:
  1. Duduklah dengan lutut ditekuk, jari-jari kaki mendatar di lantai. Miringkan tubuh ke belakang seperti posisi bersandar. Angkat kaki anda sehingga tulang kering sejajar dengan lantai, lutut tertekuk.
  2. Luruskan tangan ke depan sejajar lantai dengan posisi telapak tangan saling berhadapan. Jaga dada anda tinggi-tinggi dan mulailah luruskan kaki Anda. Tahan selama 5 sampai 10 napas. Ulangi 5 kali.
Mengapa itu baik untuk anda?
Pose yoga seperti ini meregangkan tanpa perlu melelahkan leher.

Bridge Pose

Peregangan badan bagian depan, memperkuat paha belakang.
Berikut gerakannya:
  1. Berbaring telentang, tekuk lutut Anda dan tempatkan telapak kaki Anda di lantai dalam posisi terbuka selebar pinggul. Jari-jari menghadap lurus ke depan.  Tempatkan lengan lurus di sepanjang sisi tubuh dengan posisi telapak tangan ke bawah.
  2. Tekan ke kaki Anda dengan lembut sehingga pinggul terangkat naik. Biarkan badan bagian depan anda naik turun secara perlahan seiring dengan napas.  Tahan selama 5 sampai 10 napas. Ulangi 3 kali.
Mengapa itu baik untuk anda?
Pose ini membuka dada dan tulang rusuk, memperdalam nafas dan dengan oksigen yang lebih Anda dapat menambah energi tubuh.

Half Lord of the Fishes

Peregangan pinggul, bahu, punggung, leher, memperkuat tulang punggung
Berikut gerakannya:
  1. Duduklah di lantai dengan kaki terentang di depan Anda. Kemudian bawa telapak kaki kanan ke lantai di sebelah luar pinggul kiri.  (posisi  lutut kanan ke langit-langit).
  2. Tekuk lutut kiri dan bawa kaki kiri ke bagian luar paha kanan. Tempatkan tangan kanan di lantai persis di belakang pinggul kanan. Angkat lengan kiri ke langit-langit. Saat Anda mengeluarkan napas, tekuk lengan kiri dan tempatkan siku kiri ke bagian luar lutut kanan Anda.
  3. Panjangkan tulang belakang anda dengan cara menghirup dan bernapas dalam-dalam.  Tekan siku kiri ke kaki kanan Anda untuk membantu berputar tubuh bagian atas. Lihat ke dinding di belakang Anda. Tahan selama 5 sampai 10 napas dalam-dalam. Ulangi di sisi yang berlawanan.
Mengapa itu baik untuk anda?
Pose ini bisa  meningkatkan pencernaan dan meningkatkan aliran darah dalam perut.

Brain Gym atau senam otak, 2 kata ini mulai populer di tahun ’80an. Di Indonesia sendiri baru-baru ini saja dikenal karena manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya. Banyak manfaat yang dapat di terima oleh pelaksananya. Salah satunya memanfaatkan potensi yang ada pada dua belahan otak manusia. Selama ini masyarakat di Indonesia cenderung menggunakan otak kirinya, padahal mereka yang mengutamakan aktifasi otak kiri akan cenderung terdikte atas apa yang di perintahkan dan sangat kurang kreatif. Nah di sinilah peran brain gym di perlukan.
Senam Otak
Brain gym dikemas dengan gerakan-gerakan sederhana nan unik yang mampu menyeimbangkan kedua belah otak. Brain gym dipercaya dapat mengaktifkan sel-sel yang ada di kedua belah otak sehingga keduanya dapat melakukan peranannya dengan baik. Gerakan ini juga praktis karena dapat dilakukan dimana pun dan hanya memerlukan waktu yang singkat dibandingkan melakukan meditasi atau yoga. Hal ini dapat menjadi alternatif selingan dalam proses belajar-mengajar. Ayo pak/ibu pengajar jadikan brain gym sebagai selingan pelajaran karena selain mampu me-refresh otak, aktivitas ini juga mampu meningkatkan konsentrasi otak anak…

Jadi lah jum'at lalu nyobain juga body strike, ini sih sebenernya senam taebo, cuma namanya dikerenin dikit aja jadi body strike, hehehe.
Si instrukturnya awal-awal sok berbahasa inggris gitu, kirain bule latin gitu, gataunya arab betawi, belakangan ngomongnya betawi mulu.. eeeetttt.. daaaahhh....
Body strike ternyata cukup memeras keringat, tapi berhubung kelas selanjutnya ga kalah menarik, bela2-in ikut deh. Yoga.........
Persis deh tuh sama yang digambar samping, bahkan banyak gerakan yang susah banget deh, fiuh... pegel, keringetan, lapeeeeeeeeerrr...

pijat tangan, pijat wajah

click the pictures for larger images


refleksi - pijat kaki









Tidak ada komentar:

Posting Komentar