Sabtu, 15 Januari 2011

is my life

11 komentar:

  1. saya senang dengan perubahan kehidupan ku sekarang

    BalasHapus
  2. 1. Masker Madu: Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

    2. Mandi Untuk Kulit Berkilau: Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

    3. Mandi Madu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

    4. Scrub Madu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

    5. Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

    6. Rambut Berkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

    7. Conditioner Rambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

    8. Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi

    BalasHapus
  3. # Menyejukan Kulit (Untuk Kulit Berjerawat Ringan)
    Campurkan ½ cangkir air hangat dengan ¼ sendok teh garam. Dengan menggunkan cotton bud oleskan langsung ke bagian yang berjerawat. Beri tekanan dengan kapas selama beberapa menit, untuk melembutkan bagian tersebut. Gunakan kapas, oleskan madu pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit. Lalu basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga keringkan.

    # Masker Pengencangan Wajah
    Dari beberapa penelitian terungkap, madu yang dipergunakan sebagai masker wajah, sangat efektif menghambat proses penuaan dini dan keriput. Berminat ? coba oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mengering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

    # Mandi Untuk Kulit Berkilau
    Hasil penelitian Janice Cox terungkap, madu menimbulkan efek yang luar biasa pada kulit. Salah satunya adalah membuat kulit berkilau. Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nepuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah !!!

    # Mandi Madu
    Ini bukan lagunya Elvie Sukaesih ! Percaya atau tidak, khasiat mandi madu ini sudah dilakukan sejak zaman ratu Cleopatra. Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

    # Scrub Madu
    Masih seputar manfaat untuk kulit, madu juga dapat dipergunakan untuk mengelupas kulit mati (scrubbing). Campurkan 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokkan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

    # Pembersih Wajah Setiap Hari
    Caranya sangat sederhana dan mudah, campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

    # Rambut Berkilau
    Agar rambut berkilau dan mudah diatur, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu
    tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

    # Conditioner Rambut
    Di luar dari manfaat untuk rambut berkilau, madu juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Coba campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

    # Toner Kulit
    Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran
    madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

    Jika mau sedikit repot, dengan tips yang kami berikan di atas Anda dapat menciptakan produk-produk bak spa di rumah. Jangan ragu untuk meracik madu dengan bahan-bahan alami lainnya. Mengingat madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan, karena banyak terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral.

    BalasHapus
  4. BAGI BAYI YANG BARU LAHIR
    Meneruskan pemberian madu asli pada bayi yang baru lahir dapat mengeluarkan secara positif lendir yang mungkin terminum semasa bayi itu dilahirkan yang merupakan punca lelah jika tidak habis dikeluarkan. Membersihkan perut bayi dari najis gagak yang menyelaputi dinding perut. Proses penghadaman dapat berjalan dengan sempurna menghindar dari sakit perut. Bayi membesar dengan sempurna dan sihat.
    Mengelak dari kembung perut bayi.
    BAGI IBU SELEPAS MELAHIRKAN ANAK
    Amalkan madu bersama jamu dan telur untuk membina darah serta mempercepatkan proses penyembuhan luka dalam perul atau rahim. Membantu proses penghadaman dan lawas buang air.

    BalasHapus
  5. ♥ Masker Putih Telur
    Fungsinya : Mengencangkan kulit wajah
    Caranya : Campurkan putih telur dengan jeruk nipis dan madu. Lalu gunakan pada wajah selama 10 menit, dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan rutin 2 minggu sekali.

    ♥ Masker Beras
    Fungsinya : Memutihkan dan mengencangkan kulit
    Caranya : Beras direndam selama semalam, lalu ditumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk. Lalu dijemur hingga kering, bisa dicampur madu jadikan seperti masker bedak. Setelah rata di pakai tunggu sekitar 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

    ♥ Masker Aloe Vera (Lidah Buaya)
    Fungsinya : Menghaluskan wajah
    Caranya : Lendir aloe vera diambil, langsung oleskan pada wajah secara merata, tunggu sampai mengering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin selama 2 minggu berturut-turut, maka hasilnya akan kelihatan.

    ♥ Masker Pepaya
    Fungsinya : Menghilangkan jerawat.
    Caranya : Pepaya dihaluskan dengan blender. Boleh dicampur dengan jeruk nipis. Setelah halus,tempelkan pada wajah selama 15-20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat, menggunakan wash lap. Gunakan secara rutin 2x dalam seminggu.

    ♥ Masker Nanas
    Fungsinya : Menyegarkan kulit
    Caranya : Nanas dikupas kulitnya, dan diparut. Lalu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 5-10 menit, setelah kering lalu dibersihkan. Jika rutin melakukan pekerjaan ini dalam waktu 2 bulan terlihat hasilnya.

    ♥ Masker Madu
    Fungsinya : Melembutkan wajah
    Caranya : Oleskan madu keseluruh wajah, memang madu lengket dan memakainya terasa tidak nyaman, tapi jika rutin memakainya kulit wajah akan halus dan lembut. Setelah masker madu kering, lalu bilas dengan air hangat.

    ♥ Masker Bengkoang
    Fungsinya : Memutihkan dan menghilangkan noda hitam di wajah
    Caranya : Campur masker bengkoang dengan air mawar.


    ♥ Masker Coklat
    Fungsinya : Melembutkan kulit dan menghindari dari kekeringan.
    Caranya : Untuk pemakaian harian, Anda bisa menggunakan 3 sendok teh bubuk coklat, 2 sendok teh madu, dan 3 sendok teh bubuk oatmeal. Campurkan semua bahan tadi dan aduk hingga merata. Setelah terbentuk menjadi krem yang pekat, oleskan secara merata pada wajah. Setelah 10-15 menit, bersihkan dengan air hangat. Jika digunakan setiap hari akan tampak perubahan yang nyata pada kondisi kulit wajah.

    ♥ Masker Tomat
    Fungsinya : Menghaluskan wajah, melincinkan kulit wajah menghilangkan noda hitam dan jerawat di wajah.
    Caranya : Pilih tomat yang segar. Usapkan tomat yang sudah di potong ke wajah, dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hangat.
    Cara Lain : Hancurkan 2 buah tomat dengan blender. Tambahkan susu dan jus lemon, lalu aduk hingga merata. Saat mengoleskannya pada wajah dan leher, kamu juga bisa sambil melakukan pijatan ringan ringan pada dua area itu. Setelah 15 menit, bilaslah dengan air hangat.

    ♥ Masker Apel
    Fungsinya : kandungan zat anti lemaknya mampu mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah. Masker ini sangat cocok untuk kulit berminyak karena kandungan zat alami pada apel bisa menetralisir minyak yang berlebih pada wajah.
    Caranya : Haluskan dua buah apel dengan blender. Setelah dioleskan pada wajah, tunggulah hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

    ♥ Masker Pisang
    Fungsinya : Membuat kulit akan tampak lebih mulus serta bersih
    Caranya : Lumatkan 1/2 potong buah pisang, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan segarkan kemudian dengan air dingin. Lakukan secara teratur.

    BalasHapus
  6. 1. Tomat
    Masker tomat dipercaya dapat memulihkan kulit yang terbakar oleh sinar matahari.
    Caranya : ambil ½ buah tomat yang masak dan masih segar, lumatkan dengan blender atau bisa juga ditumbuk. Tambahkan sedikit madu. Usapkan keseluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat menggunakan anduk kecil yang lembut/waslap/spons. Kemudian basuh dengan air dingin. Gampang kan?
    2. Putih Telur + Jeruk Nipis
    Masker putih telur sangat cocok buat kamu-kamu yang bermasalah dengan minyak di wajah karena masker ini dapat mengurangi kadar minyak di wajah serta mengecilkan pori-pori. So, jerawat jadi berkurang deh. Penggunaannya cukup 2 kali dalam seminggu.
    Mau coba? Gini neh caranya :
    Kocok putih telur secukupnya aja, lalu tambahkan air jeruk nipis secukupnya juga. Usapkan masker ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat menggunakan lembut/waslap/spons. Setelah itu kompres wajah denga es batu.
    3. Alpukat
    Kulit kering atau normal, coba masker ini deh. Karena alpukat mengandung lemak, jadi buat yang kulitnya berminyak, disarankan untuk jangan mencoba.
    Caranya : Lumatkan ¼ bagian alpukat yang sudah masak. Beri sedikit madu. Oleskan masker ke wajah. Diamkan 15 menit, lalu basuh wajah dengan air hangat, kemudian dengan air dingin.
    Sama seperti masker telur+jeruk nipis, penggunaannya cukup 2 kali dalam seminggu.
    4. Mentimun

    Dari jaman dulu, orang orang percaya bahwa cucumber atau mentimun dapat menghaluskan kulit, menyegarkan wajah dan meringkaskan pori. Mentimun juga dapat digunakan oleh segala jenis kulit.
    Caranya sangat gampang, yaitu : potong mentimun tipis-tipis, lalu tempelkan pada wajah. Lakukan sambil berbaring ya, supa mentimunnya pada nggak jatuh, heee…
    And klo mau merasakan sensani dinginnya, sebaiknya timunnya disimpan di kulkas, dijamin kamu pasti akan merasa lebih segar.

    BalasHapus
  7. Setiap perempuan pastinya menginginkan payudara yang sehat, terhindar dari kelainan atau penyakit.

    Sebab, hal ini mau tidak mau akan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagi macam kelainan pada payudara dan perawatan payudara yang benar.

    Anda juga tidak ingin kekencangan payudara Anda berkurang. Karenanya, Anda perlu merawat payudara Anda sebagaimana Anda merawat bagian tubuh lainnya.

    Berikut tips untuk perawatan payudara Anda :

    Kenakan bra untuk menjaga bentuk payudara tetap indah. Pilih ukuran bra yang sesuai agar dapat menopang payudara dengan baik.
    Bersihkan secara rutin daerah seputar puting susu dengan kapas yang dibasahi air hangat.
    Oleskan minyak zaitun pada payudara untuk menjaga kelembaban. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan lembut.
    Lakukan senam ringan dengan fokus untuk memperkuat otot dada.
    Perawatan payudara yang tidak tepat, bisa menimbulkan penyakit kanker payudara. Gejala awal penyakit ini ditandai munculnya benjolan sebesar kelereng. Benjolan ini tidak teraba dengan tangan ketika ukurannya masih kecil.

    Selain itu, salah satu puting susu mengeluarkan cairan berwarna merah dan berbekas di bra. Jika gejala ini muncul, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Salah satu upaya mengetahui kelainan pada payudara adalah dengan melakukan perawatan payudara secara mandiri. Hal ini dapat Anda lakukan 7-10 hari sesudah menstruasi hari terakhir.

    Untuk membantu proses ini, oleskan sedikit minyak zaitun atau busa sabun mandi di permukaan payudara. Ini akan memperlicin permukaan payudara. Selain itu, tangan menjadi lebih sensitif meraba kemungkinan adanya benjolan di payudara.

    Langkah-langkah melakukan perawatan payudara secara mandiri adalah sebagai berikut:

    Dalam posisi berbaring telentang, letakkan tangan kanan di bawah kepala. Letakkan sebuah bantal kecil di bawah punggung sebelah kanan.
    Raba seluruh bagian payudara sebelah kanan dengan menggunakan 3 ujung jari tengah yang dirapatkan.
    Lakukan gerakan memutar dan tekanan lembut tetapi mantap. Lakukan gerakan ini mulai dari bagian pinggir searah jarum jam.
    Ulangi gerakan serupa pada payudara sebelah kiri. Rasakan dan perhatikan dengan seksama, apabila muncul benjolan yang mencurigakan.
    Tekan pelan-pelan daerah di sekitar puting. Perhatikan, apakah puting mengeluarkan cairan yang tidak normal.
    Dalam posisi berdiri dan lengan lurus ke bawah, teliti kedua payudara di depan cermin. Perhatikan, bila ada benjolan atau perubahan bentuk payudara.
    Angkat kedua lengan lurus ke atas. Ulangi langkah di atas.
    Dalam melakukan perawatan payudara, Anda tidak perlu berkecil hati jika payudara Anda tidak besar. Besar-kecilnya ukuran payudara memang relatif, tidak sama pada masing-masing wanita. Asumsi bahwa payudara yang besar akan lebih indah, tidak perlu Anda hiraukan.

    Perhatikan, betapa banyak wanita yang merasa tak puas dengan ukuran payudara dan berusaha melakukan rekonstruksi payudara, baik dengan operasi payudara maupun pemakaian obat-obatan yang dipercaya bisa membesarkan ukuran payudara. Padahal, tindakan operasi payudara tidak boleh dilakukan sembarangan, karena dapat berakibat fatal.

    Belakangan juga banyak beredar produk perawatan payudara untuk memperbesar ukuran payudara. Sebagian wanita ada yang mencoba produk berbentuk krim untuk membesarkan payudara. Ini belum terbukti efektif.

    Penggunaan obat-obatan yang mengandung hormon juga tidak disarankan. Pasalnya, hal itu dapat menyebabkan efek samping tertentu, seperti kenaikan berat badan dan munculnya kelainan tertentu

    BalasHapus
  8. Siapapun pasti ingin memiliki payudara yang sehat, indah juga kencang. Namun untuk mendapatkan semua itu tentunya Anda harus berbuat yang terbaik bagi payudara Anda. Ini dia tips yang bisa Anda manfaatkan.
    Payudara mungkin bisa menjadi aset berharga Anda yang tentunya perlu perawatan khusus. Karena seiring dengan berkembangnya usia, payudara Anda pun akan mengalami berbagai masalah.
    Misalnya pengenduran payudara, menyusutnya kelenjar susu, stretch mark, melemahnya jaringan ikat penyangga payudara juga elastisitas kulit payudara yang berkurang. Apalagi setelah proses melahirkan dan
    menyusui, payudara Anda mungkin tak lagi terlihat indah seperti sebelumnya.
    Namun ada beberapa hal yang patut Anda coba untuk mempertahankan keindahan payudara Anda. Mulai perawatan dari dalam payudara hingga keluar payudara.

    1. Payudara Anda juga perlu nutrisi. Konsumsi makanan yang seimbang dengan jumlah kalori yang cukup. Sehingga berat badan yang ideal bisa Anda dapatkan. Dengan berat badan ideal tentunya penampilan tubuh Anda secara keseluruhan termasuk payudara akan terbentuk dengan alami. Dengan demikian penampilan Anda pun akan terlihat menarik.

    2. Kulit payudara Anda hanya mengandung sedikit kolagen. Terutama di bagian areola (kulit sekitar puting) dan puting. Oleh karena itu kangan menggesek payudara dengan benda kasar misalnya scrub atau handuk. Apalagi ketika seminggu menjelang siklus bulanan. Untuk mengatasi kulit kering gunakan saja pelembab tanpa pewangi.

    3. Olahraga juga bisa menjadi usaha Anda untuk mengembalikan kekencangan payudara. Gerakan olahraga yang dilakukan secara teratur akan melatih otot-otot dada. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    4. Gunakan juga bra yang sesuai dengan ukuran dan bentuk payudara Anda. Yang terpenting adalah bra harus nyaman dipakai. Gunakan bra khusus ketika Anda berolahraga. Sehingga keringat mudah terserap dan payudara tersangga dengan baik.

    5. Bedah estetika bisa menjadi pilihan terakhir Anda jika payudara sudah mengalami permasalahan yang serius bagi Anda. Bedah ini biasanya dilakukan untuk mengoreksi payudara yang tidak simetris, mengubah bentuk dan ukuran payudara atau hanya sekedar mengencangkan payudara. Namun jika bentuk payudara Anda baik-baik saja sebaiknya hindari bedah estetika. Semua orang diciptakan tidak ada yang sempurna

    BalasHapus
  9. Beberapa tips perawatan payudara selama kehamilan:

    Bila BH anda sudah mulai terasa sempit, sebaiknya mengantinya dengan bh yang pas dan sesuai dengan ukuran anda untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara anda.

    Bila anda berencana untuk menyusui anda dapat memulai menggunakan bh untuk menyusui pada akhir kehamilan anda. Pilihlah bh yang ukurannya sesuai dengan payudara anda, memakai bh yang mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran ayudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis ( suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara).

    Persiapkan putting susu anda. Dengan lembut putar putting antara telunjuk dan ibu jari anda sekitar 10 detik sewaktu anda mandi. Jika anda mendapatkan kesulitan atau puting susu anda rata atau masuk kedalam, konsultasikan ke dokter anda, sehingga hal ini dapat diatasi dini untuk mencegah kesulitan nantinya.

    Pada tahap akhir bulan kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara didaerah yang berwarna gelap (aerola) dan puting susu, anda mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum (cairan kental bewarna kekuningan dari putting). Untuk membantu membuka saluran susu.

    Bersihkan payudara dan puting, jangan mengunakan sabun didaerah putting dapat menyebabkan daerah tersebut kering. Gunakan air saja lalu keringkan dengan handuk.

    BalasHapus
  10. PERAWATAN PAYUDARAMar 20, '08 12:32 PM
    untuk
    Agar bentuk payudara tetap baik, hindarilah hal-hal sebagai berikut : sering berendam dalam air hangat, sering merubah bobot, kekurangan protein, berolah raga tanpa BH, BH terlalu sempit, dan kebiasaan membungkuk.
    Untuk mengatasi payudara yang mengeras setelah melahirkan, dapat dilakukan dengan membalurkan ramuan dari sarang lebah tutur (lebah yang berwarna biru mengkilat, berubuh kecil dan sarangnya terbuat dari tanah liat). Campurkan sarang ini dengan asam kawak, beri sedikit air kemudian aduk-aduk hingga menyatu. Selanjutnya balurkan ramuan ini pada payudara.
    Balurkan daun mandokaki, setelah ditumbuk halus dan dicampur air lakukan seperti cara diatas.
    Agar payudara dapat berisi (montok) terutama bagi kaum ibu yang menyusui, lakukan dengan jalan meminum ramuan yang terbuat dari susu panas dan sepotong jahe tua. Caranya garang jahe sebesar ibu jari hingga hangus, kerik bagian yang hitam (arangnya), kemudian gepengkan dan masukkan ke dalam segelas susu hangat. Diamkan selama 1 jam sebelum diminum. Lakukan secara rutin tiap hari selama sebulan.
    Rasa nyeri pada payudara dapat berkurang kalau si penderita menghindari minum segala minuman yang mengandung kafein dan obat penghilang rasa sakit. Pengobatan tersebut berhasil bagi 8 diantara 10 orang wanita, tetapi tunggulah selama 6 bulan sampai semua sisa-sisa kafein hilang dari tubuh. Itu berarti bahwa si penderita tidak boleh lagi minum teh, kopi, coklat, atau coca cola.
    Abses terjadi akibat infeksi yang terlokalisir dan nanah terkumpul pada satu tempat. Bila terjadi hal seperti ini :
    segera pergi ke dokter, dokter akan memberi obat antibiotika. Jika sudah sangat parah, mungkin akan dilakukan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah.
    selama payudara sebelah sakit, susuilah bayi dengan payudara satunya yang tidak sakit.
    pompalah air susu dari payudara yang sakit dan buanglah.
    Agar air susu keluar banyak, lancar dan cukup untuk bayi, tumbuklah ramuan yang terdiri dari akar padi/pari, akar kangkung, adas pulowaras,dan keningar sampai halus. Setelah itu dioleskan pada payudara.
    Pakailah BH yang agak kencang untuk menahan payudara dan kompreslah payudara dengan air hangat atau air dingin. Cara ini membantu mengempiskan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Caranya mula-mula kompres dengan botol air hangat, kemudian kompres dengan kantung berisi es. Lakukan bergantian beberapa kali. Keluarkan air susu dengan tangan atau pompa sebelum menyusui agar beban payudara berkurang. Minumlah obat penahan rasa sakit sesuai anjuran dokter.

    LANJUTAN DIBAWAH..

    BalasHapus
  11. Bila ibu yang tengah menyusui payudaranya membengkak, kompreslah dengan segenggam daun cabe yang ditumbuk sampai halus dan diberinsedikit kapur sirih. Lakukan berulang-ulang selama 2 hari.
    Payudara yang kecil terjadi karena kurangnya rangsangan hormon, atau karena wanita terlalu ramping. Payudara yang kurang berkembang pada masa pubertas dapat ditolong dengan menggosokkan krim estrogen pada payudara. Akan tetapi krim ini hanyalah memperbesar saluran air susu dan bukannya lapisan zat lemak didalamnya. Pembedahan plastik dapat juga menolong. Para ahli bedah menyelipkan silikon atau kantung-kantung berisi cairan , antara payudara dengan obat pektoral. Akan tetapi payudara tersebut kadang-kadang akan mengalami infeksi di kemudian hari. Namun, bagi sebagian wanita yang sangat mencemaskan bentuk payudaranya yang terlampau kecil, maka sebuah BH berisi bantalan padat yang dipasang dalam keadaan tegak lurus dapat memberikan kekuatan terhadap obat pektoral yang letaknya disebelah bawah.
    Untuk menghindari tersumbatnya saluran air susu :
    kenakanlah BH yang agak longgar agar saluran air susu tidak tertekan.
    susui bayi agak lama supaya payudara kosong
    jika bayi sudah kenyang dan payudara masih penuh dengan air susu, pompalah keluar
    urut perlahan-lahan bagian yang bengkak agar sumbatan dapat terbuka dan air susu lancar.
    susuilah bayi dengan merubah posisi. Berikan payudara yang sakit terlebih dahulu, lalu ganti dengan payudara sebelahnya yang sehat.
    Wanita yang telah berusia setengah baya kadang-kadang payudaranya mulai mengendor. Agar dapat kencang kembali caranya sebagai berikut : ambil beberapa lembar daun sirih dan olesi minyak kelapa pada permukaannya, lalu panggang diatas api sampai layu(jangan sampai keirng). Setelah itu tempelkan di sekeliling payudara selagi hangat-hangat kuku. Bila daun sirih telah dingin, gantilah dengan yang baru. Lakukan setiap ada kesempatan. Beberapa bulan kemudian payudara akan kencang kembali.
    Kacang panjang dapat digunakan untuk mengencangkan payudara caranya tumbuklah 10 lenjar kacang panjang dan peras airnya. Balurkan air tersebut selama 3 bulan setiap dua kali seminggu.

    BalasHapus